PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 1 KAYEN KIDUL


Author (Penulis)

WENY ARINDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0007

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Kayen Kidul, pembelajaran Biologi masih berpusat pada guru. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar masih kurang bervariasi. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap peningkatan ketrampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terdiri dari 5 tahap pembelajaran yaitu engagement (tahap perlibatan), exploration (tahap penyelidikan/pengamatan), explanation (tahap penjelasan), elaboration (tahap elaborasi), evaluation (tes evaluasi). Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian non-equivalent control group design pada siswa kelas VII SMPN 1 Kayen Kidul yang dilakukan pada tanggal 20 April sampai dengan 10 Mei 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Pemilihan kelas sampel diperoleh dari uji kesetaraan nilai rata-rata tes sehingga diperoleh kelas VII E sebagai kelompok eksperimen yang dikenai pembelajaran dengan Learning Cycle 5E dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol yang dikenai pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu pengukuran ketrampilan metakognisi dalam bentuk pretest-posttest yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis secara statistik anakova dengan bantuan program SPSS 21,0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan ketrampilan metakognisi antara kelompok kontrol dan eksperimen (? = 0,017 < 0,05), (2) ada perbedaan hasil belajar pada kelompok kontrol dan eksperimen (? = 0,011 < 0,05). Disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E meningkatkan ketrampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Kayen Kidul. KATA KUNCI : Learning Cycle 5E, Metakognisi, Hasil Belajar, Ekosistem

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI