PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN LKS BERBASIS LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 KEDIRI


Author (Penulis)

AYU HADIDATIN NADHIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0006

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan di kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri bahwa pembelajaran IPA Terpadu yang dilaksanakan selama melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 hanya menggunakan BSE IPA Terpadu Kurikulum 2013 tanpa menggunakan LKS. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar siswa yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Oleh karena itu, salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat digunakan yaitu penggunaan LKS berbasis Learning Cycle 7E dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan LKS berbasis Learning Cycle 7E (elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend) terhadap penguasaan konsep siswa dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design (eksperimen semu) dengan model nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan konsep siswa dan angket motivasi belajar. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel independent (t-test of independent). Hasil uji hipotesis pada tes penguasaan konsep (post test) menunjukkan bahwa skor Sig. (2-tailed) 0,000 < taraf nyata (?) 0,05; maka Ho ditolak berarti rata-rata penguasaan konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LKS berbasis Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa, sedangkan hasil uji hipotesis pada angket motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa skor Sig. (2-tailed) 0,000 < taraf nyata (?) 0,05; maka Ho ditolak berarti rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LKS berbasis Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci : LKS berbasis Learning Cycle 7E, penguasaan konsep, motivasi belajar siswa, sistem ekskresi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI