IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN METODE CRI PADA MATA KULIAH GENETIKA MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Author (Penulis)
CITRA PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0002
Abstract
Pemahaman terhadap konsep-konsep pembelajaran biologi merupakan langkah awal bagi setiap dosen untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Namun, seringkali mahasiswa belum dapat memahami konsep yang ada, salah menafsirkan konsep, atau konsep yang diterima tidak sesuai dengan konsep para ahli.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase mahasiswa yang menguasai konsep, tidak tahu konsep, mengalami miskonsepsi dan lucky guess, dan untuk mengetahui materi yang paling banyak mengalami miskonsepsi.Penelitian ini menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index) untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada mahasiswa.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sampel sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2014 sebanyak 33 orang. Instrumen menggunakan soal benar salah yang dilengkapi dengan nilai CRI.Hasil analisis data berdasarkan tes dengan CRI menunjukkan bahwa persentase mahasiswa yang menguasai konsep masih lebih tinggi dibanding mahasiswa yang mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep dan lucky guess. Miskonsepsi terjadi pada semua sub materi yang diujikan, miskonsepsi terbanyak terjadi pada nomor soal 4, 11, 21, dan 42, dimana soal nomor 4 membahas pengertian lokus, soal nomor 11 membahas bagian-bagian kromosom,soal nomor 21 membahas hasil transkripsi, dan soal nomor 42 membahas sebab terjadinya poliploidi.