UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM KOORDINASI DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI IPA-5 SMAN 6 KEDIRI


Author (Penulis)

DIYAH AYYU SYARACHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0001

Abstract

Setelah dilakukan pembelajaran di kelas XI IPA dan melalui wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan siswa, ditemukan bahwa terdapat materi yang dianggap sulit dipahami yakni sistem koordinasi dikarenakan banyak sub bab yang ada pada materi tersebut, sehingga pemahaman konsep siswa rendah dan ditemukan kelas yang pemahaman konsep rendah yaitu XI IPA 5. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep materi sistem koordinasi pada siswa kelas XI IPA 5 SMAN 6 Kediri dengan metode mind mapping. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, rubrik penilaian dan soal tes pemahaman konsep, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep dari siklus 1 pada tes pemahaman konsep 15 siswa tuntas, dan 16 siswa tidak tuntas, pada siklus 2 mengalami peningkatan 24 siswa tuntas, dan 7 siswa tidak tuntas, sedangkan pada persentase penilaian mind mapping siklus 1 sebanyak 61,30% sedangkan pada siklus 2 mencapai 72,00%, mengalami peningkatan sebanyak 10, 70%. Kata kunci: Mind Mapping, Pemahaman Konsep.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI