PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI WAJAK KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YUDHI ISCAHYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0215P

Abstract

ABSTRAK YudhiIscahyono : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Scientific Dan Media Geogebra Terhadap hasil belajar ditinjau dari sikap percaya diri peserta didik pada materi garis dan sudut Kelas VII SMPN Wajak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016. Tujuan penelitian yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Scientific Dan Media Geogebra Terhadap hasil belajar ditinjau dari sikap percaya diri peserta didik pada materi garis dan sudut Kelas VII SMPN Wajak Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket dan post-test yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hipotesis maka menggunakan uji-t sampel related.Sebelum menghitung uji-t, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama untuk efek A (model pembelajaran) diperoleh Fa= 4,23231danFtabel= 3.84 sehingga FaDK. Ini berarti Model pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan saintifik menggunakan media geogebra dan whiteboard memberikan hasil belajar yang berbeda pada materi Garis dan sudut pada SMP NegeriWajak Kelas VII Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan berdasarkan hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama untuk efek B (kreativitasbelajarsiswa) diperoleh Fb=14,1397 dan Ftabel=3.00 sehingga FbDK. Ini berarti sikap percaya diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI