BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA MTs AL-MAHRUSIYAH KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI GENDER


Author (Penulis)

AZZA ALFINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0212

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil peneliti melakukan observasi di MTs Al-Mahrusiyah. Pada materi aritmetika sosial dari 2 kelas yang terdiri dari 1 kelas laki-laki berjumlah 29 siswa, tidak ada siswa yang nilainya memenuhi KKM dan 1 kelas perempuan berjumlah 25 siswa hanya 1 siswa yang nilainya diatas KKM. Dikarenakan siswa kesulitan menghitung dalam hal menggunakan konsep aljabar ketika menyelesaikan masalah aritmetika sosial tersebut. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk mengetahui berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses berpikir komputasional siswa laki-laki MTs Al-Mahrusiyah dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aritmetika sosial ? (2) Bagaimanakah proses berpikir komputasional siswa perempuan MTs Al-Mahrusiyah dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan aritmetika sosial ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Al-Mahrusiyah. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa tes soal dan pedoman wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa laki-laki yang terlibat dalam bagaimana merumuskan masalah dan menentukan solusi dari suatu permasalahan sehingga solusi tersebut dapat direpresentasikan (2) Mendeskripsikan proses berpikir komputasional siswa perempuan yang terlibat dalam bagaimana merumuskan masalah dan menentukan solusi dari suatu permasalahan sehingga solusi tersebut dapat direpresentasikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Guru diharapkan dapat memberikan perhatian lebih dalam membimbing siswa laki-laki dan siswa perempuan yang berkedudukan kelompok bawah agar siswa dapat merumuskan suatu permasalahan matematika dan merepresentasikan solusi dari pemecahan masalah tersebut. Untuk membaca, menulis, dan menghitung, guru harus menambahkan analitis berpikir komputasi setiap siswa, agar semua siswa dapat memiliki proses berpikir komputasional yang baik (2) Hendaknya guru memberikan pengarahan untuk membiasakan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk esai dengan runtut (diketahui, ditanya, jawab dan kesimpulan), sehingga siswa lebih memperhatikan prosesnya daripada hasilnya serta memberikan motivasi dan latihan-latihan secara rutin agar siswa dapat berpikir komputasional dengan baik. Karena berpikir komputasional merupakan cara siswa memecahkan masalah. Kata Kunci : Berpikir komputasional, Penyelesaian masalah, Gender.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI