Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan sewaktu melakukan praktik pengalaman lapangan pada suatu instansi sekolah tertentu, dimana banyak siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian kali ini adalah tentang adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sample menggunakan teknik Random Sampling dengan subjek 30 siswa kelas VII. Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh rata-rata pre-test dan post-test tes kemampuan komunikasi matematis adalah 63,93 masuk dalam kategori sedang dan 77,67 masuk dalam kategori tinggi. Dari data tersebut dilakukan analisis data Paired Sample T-Test, dan menunjukkan nilai signifikan 0,000 karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dalam penelitian kali ini adalah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Misriu Al Hasan Kraton Mojo.
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya : Bandung
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto. Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Armiati, dkk. (2012). Komunikasi Matematis Dan Pembelajaran Interaktif. (Online), 1 (1) : 78, tersedia :
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1175/867
diunduh pada tanggal 7 Juni 2018.
Masruroh.S.L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Di MTs YPSM Baran Maesan Mojo. Kediri : UN PGRI Kediri.
Nastiti, Dea. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Kediri Pada Materi Bilangan Bulat. Kediri : UN PGRI Kediri.
NCTM. (1996). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA Authur. (Online) , tersedia : http://rbaryans.wordpress.com/2007/05/30/komunikasi-dalam-matematika
Diunduh pada pada tanggal 15 Juni 2018
Nursyahidah. Farida. (2011). Penelitian Eksperimen. (Online), 3 (2) : 2, tersedia :
http://journal.unair.ac.id/index.php/jpv/article/view/16008/1223
Diunduh pada tanggal 5 Mei 2018.
Rachmayani.D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. (Online), 2 (1) : 14, tersedia : http://jurnalpendidikanunsika.org/wp-content/uploads/2014/11/2.-Artikel-Jurnal-Dwi-Rachmayani_Matematika.pdf
Diunduh pada tanggal 7 Juni 2018.
Romadona.N. (2015). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Methaporical Thinking Pada Materi Fungsi. Kediri : UN PGRI Kediri.
Saleh. M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem Based Learning. (Online), XIV (1) : 203, tersedia :
http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/viewFile/497/415
Diunduh pada tanggal 2 Juli 2018.
Sanjaya, W . (2007). Stategi Pembelajaran . Kencana Prenada Media Grup : Jakarta
Sufi. Laili. Fauziah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. (Online), ISSN : 2502-6526, tersedia :
http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6965
Diunduh pada tanggal 5 Juni 2018.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Van De Walle. (2008). Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta : Erlangga