Analisis Disposisi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient


Author (Penulis)

DITA SETYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0202

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh miminmya kesadaran masyarakat akan pentingnya aspek afektif dalam dunia pendidikan khususnya matematika. Dalam matematika sikap positif terhadap matematika yang mencakup percaya diri, fleksibel, gigih, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika disebut dengan disposisi matematis. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi disposisi matematis adalah Advesity Quotient (AQ) yang memiliki tiga tingkatan yaitu climber, camper dan quitter. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana disposisi matematis siswa dengan AQ climber, camper dan quitter? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket aq yang digunakan untuk mengelompokkan tingktan aq siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui disposisi matematis siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Subyek dengan AQ climber mempunyai skor disposisi matematis sebesar 90% dapat menunjukkan semua indikator disposisi matematis siswa yaitu percaya diri, fleksibel, gigih, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika. (2) Subyek dengan AQ camper mempunyai skor disposisi matematis sebesar 57,5% dapat menunjukkan tiga indikator disposisi matematis siswa yaitu percaya diri, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika. (3) Subyek dengan AQ quitter mempunyai skor disposisi matematis sebesar 41,5% sama sekali tidak menunjukkan disposisi matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI