Analisis Disposisi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient
Author (Penulis)
DITA SETYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0202
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh miminmya kesadaran masyarakat akan pentingnya aspek afektif dalam dunia pendidikan khususnya matematika. Dalam matematika sikap positif terhadap matematika yang mencakup percaya diri, fleksibel, gigih, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika disebut dengan disposisi matematis. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi disposisi matematis adalah Advesity Quotient (AQ) yang memiliki tiga tingkatan yaitu climber, camper dan quitter.
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana disposisi matematis siswa dengan AQ climber, camper dan quitter? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket aq yang digunakan untuk mengelompokkan tingktan aq siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui disposisi matematis siswa.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Subyek dengan AQ climber mempunyai skor disposisi matematis sebesar 90% dapat menunjukkan semua indikator disposisi matematis siswa yaitu percaya diri, fleksibel, gigih, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika. (2) Subyek dengan AQ camper mempunyai skor disposisi matematis sebesar 57,5% dapat menunjukkan tiga indikator disposisi matematis siswa yaitu percaya diri, rasa ingin tahu dan mengapresiasi peranan matematika. (3) Subyek dengan AQ quitter mempunyai skor disposisi matematis sebesar 41,5% sama sekali tidak menunjukkan disposisi matematis.