ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA


Author (Penulis)

TUTUT YUNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0200

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya membiasakan kemampuan penalaran pada siswa dalam menyelesaiakan permasalahan seperti soal cerita. Siswa cenderung menganggap matematika hanya serangkaian kegiatan pembelajaran yang menghafal rumus. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan yang mempunyai kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kelas VII SMPN 7 Kediri. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan melakukan wawancara berdasarkan hasil nilai ulangan matematika pada keenam subjek. Adapun indikator penalaran yaitu (1) memahami permasalahan, (2) mengajukan dugaan, (3) Mampu menganalisis situasi matematika, (4) menarik kesimpulan.Kesimpulan dari hasil penelitian ini (1) siswa yang mempunyai kemampuan awal matematika rendah (SR) hanya dapat memenuhi satu indikator penalaran yaitu pada indikator memahami permasalahan (2) Kemampuan penalaran siswa dengan kemampuan awal matematika sedang (SS), dari keempat indikator dapat memenuhi dua indikator penalaran yaitu pada indikator memahami permasalahan dan menarik kesimpulan. (3) Kemampuan penalaran siswa yang mempunyai kemampuan awal matematika tinggi (ST) dapat memenuhi semua indikator penalaran, yaitu pada indikator memahami permasalahan, mengajukan dugaan, menganalisis situasi matematika, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan untuk guru maupun calon guru dapat memilih model, metode, dan strategi pembelajaran khususnya matematika pada materi – materi tertentu yang diberikan kepada siswa. Sehingga perlakuan terhadap siswa yang berkemampuan awal matematika rendah, sedang, dan tinggi lebih tepat dan siswa dapat memahami materi yang diberikan dan soal yang akan dikerjakan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI