MENDETEKSI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII BERDASARKAN POLA SIDIK JARI


Author (Penulis)

TUTUT SULISTYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0199

Abstract

Abstrak Tutut Sulistyorini: Mendeteksi Kemampuan Matematika Siswa SMP Kelas VII berdasarkan Pola Sidik Jari, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Kata kunci: kemampuan matematika, sidik jari Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran matematika ditemukan fakta bahwa tidak semua kemampuan matematika dikuasai oleh siswa, salah satunya adalah kemampuan geometri. Permasalahan tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan pada kemampuan dasar matematika siswa. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengetahui kemampuan dasar siswa yaitu dengan melakukan tes sidik jari. Jika kemampuan matematika dapat dideteksi sejak dini, maka kemampuan yang unggul dapat dioptimalkan dan kemampuan yang lemah dapat diasah kembali. Permasalahan penelitian ini adalah adakah perbedaan kemampuan geometri siswa SMP Kelas VII berdasarkan pola sidik jari? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian 32 siswa SMP kelas VII SMPN 6 Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes. Siswa yang dijadikan sebagai responden sebelumnya diberikan tes sidik jari pada jari kelingking kirinya menggunakan alat yang disebut fingerprint reader untuk selanjutnya dikelompokkan berdasarkan klasifikasi tipe sidik jari arches, loops dan whorls. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan kemampuan geometri siswa SMP kelas VII berdasarkan pola sidik jari dengan signifikansi sebesar 0,000. (2) Kelompok siswa yang memiliki kemampuan geometri tertinggi adalah kelompok siswa dengan tipe sidik jari whorls. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru dapat melakukan tes sidik jari untuk mengetahui kemampuan siswa sejak awal sehingga dapat memberikan solusi-solusi penanganan khusus jika ada siswa yang kurang dalam penguasaan materi. (2) Siswa dan orang tua siswa dapat menggunakan tes sidik jari agar dapat mengetahui tingkatan kecerdasan dasar yang dimiliki siswa untuk mengoptimalkan hasil belajar. (3) Peneliti lain dapat mengujicobakan pada kemampuan matematika dan materi lain dengan mempertimbangkan kesesuaiannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI