PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MTs MISRIU AL HASAN KEDIRI KELAS VII


Author (Penulis)

IFA DATUL CHUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0198

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan untuk menambah pemahaman matematika siswa pada materi statistika. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model ASSURE yang dikemukakan oleh Pribadi.B.A. (2011) yang dimodifikasi terdiri dari enam tahap. Keenam tahap tersebut adalah Melakukan aktivitas karakteristik siswa (Analyze learners), Menetapkan tujuan pembelajaran (State objectives), Memilih media, metode pembelajaran dan bahan ajar (Select method, media, and materials), Memanfaatkan bahan ajar (Uutilize materials), Melibatkan siswa dalam kegiatan pembalajaran (Require learners participations), Mengevaluasi dan merevisi program pembelajaran (Evaluate revisie). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) materi statistika melalui pendekatan RME terhadap pemahaman siswa MTs Misriu Al Hasan Kediri kelas VII maka telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. KATA KUNCI : Pengembangan LKS, Pendekatan RME, Pemahaman.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI