PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MTs MISRIU AL HASAN KEDIRI KELAS VII
Author (Penulis)
IFA DATUL CHUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0198
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang valid, praktis dan
efektif sehingga dapat digunakan untuk menambah pemahaman matematika siswa pada materi
statistika. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model ASSURE yang
dikemukakan oleh Pribadi.B.A. (2011) yang dimodifikasi terdiri dari enam tahap. Keenam tahap
tersebut adalah Melakukan aktivitas karakteristik siswa (Analyze learners), Menetapkan tujuan
pembelajaran (State objectives), Memilih media, metode pembelajaran dan bahan ajar (Select method,
media, and materials), Memanfaatkan bahan ajar (Uutilize materials), Melibatkan siswa dalam
kegiatan pembalajaran (Require learners participations), Mengevaluasi dan merevisi program
pembelajaran (Evaluate revisie). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga
tahap pengembangan saja. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika
berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) materi statistika melalui pendekatan RME terhadap pemahaman
siswa MTs Misriu Al Hasan Kediri kelas VII maka telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang
valid, praktis dan efektif.
KATA KUNCI : Pengembangan LKS, Pendekatan RME, Pemahaman.