Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojo Materi Limit Fungsi Model Pembelajaran Jigsaw Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ANGGA DWI ROZAKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0193

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dapat menjadikan manusia untuk berpikir logis, teoritis, rasional dan percaya diri. Akan tetapi, banyak anggapan siswa bahwa mata pelajaran matematika membosankan, tidak menarik bahkan penuh misteri. Salah satu yang mempengaruhi dalam pembelajaran matematika adalah motivasi siswa dan model pembelajaran yang akan diterapkan. Motivasi akan menjadi penggerak siswa dalam belajar, sedangkan model pembelajaran adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembelajaran sebagai upaya mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojo pada materi limit fungsi (2) pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa XI IPA SMA Negeri 1 Mojo pada materi limit fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojo, dengan jumlah siswa kelas XI IPA sebanyak 138 orang. Pada penelitian sampel dipilih dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kelas yang diambil sebagai sampel adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan dengan diajari model pembelajaran Jigsaw dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas uji coba diambil siswa kelas XI IPA 1. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan tes. Untuk analisis data akhir menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh t hitng untuk uji hipotesis pertama adalah 2,07 dan t hitung untuk uji hipotesis kedua adalah 7,984 dengan ttabel masing-masing uji adalah 2,000. Karena t hitung dari masing-masing uji lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojo pada materi limit fungsi. (2) ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojo pada materi limit fungsi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, membuktikan bahwa motivasi siswa berdampak besar terhadap hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan membuat siswa lebih semangat dalam belajar dan hasil belajarnya menjadi baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI