PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATIC PROJECT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP DHARMA WANITA 1 PARE


Author (Penulis)

SISKA DEVI FARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0190

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Connected Mathematic Project berbasis pendekatan saintifik terhadap keaktifan dan kemampuan belajar mandiri siswa kelas VIII SMP Dharma Wanita 1 Pare dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan dengan kemampuan belajar mandiri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII SMP Dharma Wanita 1 Pare dengan mengambil sampel 40 siswa.kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keaktifan dan angket kemampuan belajar mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model Connected Mathematic Project berbasis pendekatan saintifik terhadap keaktifan. Hal tersebut ditunjukkan dai hasil uji Independent Sampel Test bahwa nilai Sig. (2-tailed) keaktifan 0,000

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI