PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATIC PROJECT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP DHARMA WANITA 1 PARE
Author (Penulis)
SISKA DEVI FARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0190
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Connected Mathematic Project berbasis pendekatan saintifik terhadap keaktifan dan kemampuan belajar mandiri siswa kelas VIII SMP Dharma Wanita 1 Pare dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan dengan kemampuan belajar mandiri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII SMP Dharma Wanita 1 Pare dengan mengambil sampel 40 siswa.kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keaktifan dan angket kemampuan belajar mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model Connected Mathematic Project berbasis pendekatan saintifik terhadap keaktifan. Hal tersebut ditunjukkan dai hasil uji Independent Sampel Test bahwa nilai Sig. (2-tailed) keaktifan 0,000 (0,05) sehingga Ho ditolak. (2) Pembelajaran CMP juga berpengaruh terhadap kemampuan belajar mandiri siswa, hal itu ditunjukkan padahasil output uji Mann-whitney bahwa nilai Sig. (2-tiled) sebesar 0,000 < ? (0,05) sehingga Ho ditolak. (3) ada hubungan antara keaktifan dengan kemampuan belajar mandiri siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut ditunjukkan pada ouput uji korelasi rank-sperman nilai Sig.(2-tailed) 0,024 (0,05) maka Ho ditolak.
KATA KUNCI :Model CMP, Pendekatan Saintifik, Keaktifan, Kemampuan Belajar Mandiri