ANALISIS KESALAHAN NEWMAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT


Author (Penulis)

DIANA PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0187

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui kesalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial ditinju dari gaya kognitif field independent dan fild dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VII-A SMP Negeri 6 Kediri yang terdiri dari 2 siswa FI dan 2 siswa FD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa gruop emdedded figure test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes menyelesaikan soal cerita, serta teknik non tes berupa wawancara. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian kategori FI dalam (1) tahapan membaca masalah tidak mengalami kesalahan, (2) tahapan memahami masalah subjek FI tidak menglami kesalahan,(3) tahapan transformasi masalah subjek FI mengalami kesalahan, (4) tahapan keterampilan proses subjek FI tidak melakukan kesalahan, dan (5) tahapan penulisan jawaban tidak mengalami kesalahan. Sedangkan subjek FD (1) tahapan membaca masalah tidak mengalami kesalahan, (2) tahapan memahami masalah subjek FD tidak mengalami kesalahan,(3) tahapan transformasi masalah subjek FI mengalami kesalahan, (4) tahapan keterampilan proses subjek FD melakukan kesalahan, dan (5) tahapan penulisan jawaban subjek FD mengalami kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan: Guru sebaiknya membiasakan siswa field independent dan field dependent meningkatkan kemampuan berpikir dan penalaran siswa dalam memahami soal pada materi matematika sebaiknya materi pembelajaran lebih dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan pemberian soal cerita sehingga metaih siswa untuk berpikir lebih dalam dalam melakukan pemecahan masalah. Kata Kunci: Soal Cerita, Analisis Kesalahan Newman, Gaya Kognitif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI