ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF


Author (Penulis)

DIANA FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0186

Abstract

Abstrak Diana Fatmawati: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Gaya kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa rendahnya kemampuan menyelesaikan soal cerita disebabkan komunikasi matematis yang dimiliki siswa masih rendah. Hal tersebut terlihat dari siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita dan mengubah soal cerita kedalam simbol matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Semen, yang terdiri dari dua siswa dengan kategori gaya kognitif field independent dan dua siswa dengan kategori gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa group embedded figure test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa, lembar observasi untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis lisan siswa, dan tes menyelesaikan soal cerita untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulisan siswa, serta teknik non tes berupa wawancara. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis kemudian dilakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa field independent mampu memenuhi ketiga indikator komunikasi matematis secara lisan. (2) Siswa field independent mampu memenuhi keempat indikator kumunikasi matematis secara tulisan. (3) Siswa field dependent belum mampu memenuhi keempat indikator komunikasi matematis secara tulisan. (4) Siswa field dependent belum mampu memenuhi ketiga indicator komunikasi matematis secara lisan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan: guru sebaiknya melakukan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis secara lisan, misalnya dengan melakukan pembelajaran secara aktif dalam kelas dan memberikan motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu guru harus sering memberikan soal-soal cerita untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis secara tulisan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-04-03

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI