PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KETERAMPILAN PROSEDURAL SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MEDIA FLASH PLAYER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Author (Penulis)
LIDYA FRANSISCA CLAUDIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0183
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-B SMPN 6 Kediri. Penelitian mengambil 3 sampel dari 34 subjek berdasarkan kemampuan matematika siswa dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dua kali dengan instrumen berupa media flash player, lembar observasi siswa, soal tugas, pedoman wawancara dan RPP. Hasil penelitian ini yaitu pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural untuk siswa yang memiliki kemampuan rendah diketahui bahwa siswa tersebut memunculkan tiga indikator dari pemahaman konseptual dan memunculkan tiga indikator dari keterampilan prosedural. Sedangkan pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural untuk siswa yang memiliki kemampuan sedang diketahui bahwa siswa tersebut memunculkan dua indikator dari pemahaman konseptual dan memunculkan tiga indikator dari keterampilan prosedural. Serta pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural untuk siswa yang memiliki kemampuan tinggi diketahui bahwa siswa tersebut memunculkan dua indikator dari pemahaman konseptual dan memunculkan dua indikator dari keterampilan prosedural. Melalui hasil transkip wawancara dan lembar pengamatan siswa dapat diketahui bahwa media flash player dapat membantu mereka dalam memahami pelajaran tersebut. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, disarankan peneliti yang akan menggunakan instrumen penelitian ini untuk memperhatikan saran dan kritikan dari validator yang harus di benahi oleh peneliti selanjutnya.