Pengetahuan Prosedural Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Sistematis Intuitif pada Materi Peluang


Author (Penulis)

DYAH YULLIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0180

Abstract

Berdasarkan PISA tahun 2012 kemampuan matematika di Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan matematika terutama pada materi peluang sehingga salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah pengetahuan prosedural, berkaitan dengan gaya kognitif sistematis intuitif. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai pengetahuan prosedural siswa ditinjau dari gaya kognitif sistematis intuitif pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kelas XI IPA 1 SMAN 1 Pruwoasri. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif sistematis dan 2 siswa bergaya kognitif intuitif yang dipilih berdasarkan tes CSI. Kemudian keempat siswa tersebut diberi tes pengetahuan prosedural dan setelah itu dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan prosedural siswa bergaya kognitif sistematis diketahui bahwa (1) mampu menentukan prosedur yang tepat untuk menyelesaikaan masalah dengan membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum memulai proses penyelesaiannya agar prosedur yang dipilih sesuai dengan masalah tersebut, (2) menyelesaikan langkah demi langkah, menyelesaikan setiap langkah sebelum meningkat kepada langkah berikutnya serta menuliskan langkah-langkah yang digunakan secara terperinci, (3) menentukan penyelesaian suatu masalah berdasarkan dengan data atau informasi yang berkaitan dengan masalah. Sedangkan pengetahuan prosedural siswa bergaya kognitif sistematis diketahui bahwa (1) merencanakan suatu penyelesaian masalah dengan memperhatikan berbagai alternatif jawaban atau metode dari penyelesaian masalah, (2) mengemukakan jawaban tertentu tanpa menggunakan informasi secara sistematis serta lebih cenderung untuk memecahkan masalah dengan jalan “trial and error”, (3) menyelesaikan pemecahan masalah berdasarkan petunjuk atas perasaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, untuk penelitian lanjutan yang berkenaan diharapkan menggunakan soal yang pemecahan masalahnya menggunakan gambar seperti materi bagun datar ataupun bangun ruang. Karena dari pemecahan soal-soal tersebut akan lebih mudah untuk mendeskripsikan masing-masing karakter dari siswa yang bergaya kognitif sistematis dan siswa bergaya kognitif intuitif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI