ANALISIS KECEMASAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 2 PAPAR


Author (Penulis)

LILIK GUNAWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0173

Abstract

ABSTRAK Lilik Gunawanti: Analisis Kecemasan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dalam Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Alajabar di SMP Negeri 2 Papar, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2013. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama PPL, bahwa ada beberapa siswa di SMP Negeri 2 Papar yang menunjukkan kecemasan terhadap matematika. Ada ketakutan dan kekhawatiran yang menyebabkan perasaan cemas sehingga nilai prestasi belajar mereka rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1)Faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 2 Papar? (2) Bagaimana tingkat kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 2 Papar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, menggunakan instrument berupa lembar tes tulis, lembar angket (kuisioner), dan pedoman wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika dalam pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar, diantaranya. Faktor dari kepribadian siswa itu sendiri, faktor keadaan sosial, faktor keadaan psikologis, dan faktor keadaan fisiologis (2) Tingkat kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika dalam pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar adalah: ditemukan bahwa siswa yang mengalami tingkat kecemasan ringan mempunyai tingkat kemampuan matematis tinggi, siswa yang mengalami tingkat kecemasan sedang mempunyai tingkat kemampuan matematis sedang, siswa yang mengalami tingkat kecemasan tinggi/berat mempunyai tingkat kemampuan matematis sedang, dan siswa yang mengalami tingkat kecemasan panik mempunyai tingkat kemampuan matematis tinggi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Bagi Guru, dapat digunakan bahan referensi dalam pembelajaran matematika, khususnya pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. (2) Bagi Lembaga Sekolah, dapat meningkatkan kualitas pemdidikan di SMP Negeri 2 Papar serta dapat memberikan gambaran tingkat kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di SMP Negeri 2 Papar, sehingga pihak sekolah dapat melakukan usaha-usaha untuk mengurangi tingkat kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran matematika. Misalnya menambah kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan bakat dan ketrampilan siswa dengan harapan agar prestasi belajar matematika meningkat. (3) Bagi Peneliti Lain, sebagai dasar bagi peneliti untuk melakukan perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas setelah mengetahui gambaran tingkat kecemasan siswa dalam mata pelajaran matematika ketika suatu saat nanti menjadi guru mata pelajaran matematika. Kata kunci: analisis kecemasan, kecemasan siswa pada mata pelajaran matematika

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI