PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA
Author (Penulis)
FAHRONI UMAIYA ZULFITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0170
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada pembelajaran matematika kelas VII
pada materi segitiga dimana tidak semua siswa mampu menerima materi yang disampaikan oleh guru.
Hal ini disebabkan karena adanya anggapan bahwa matematika merupakanmata pelajaran yang kurang
diminati, menakutkan, membosankan bahkan sulit dipecahkan. Selain itu, berdasarkan pengamatan
dilapangan, masih dijumpai pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, sehingga siswa
kurang berperan aktif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-
rata yang diperoleh siswa kurang dari (KKM) yang ditentukan. Untuk itu perlu adanya suatu upaya
untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran
yang tepat. Untuk itu, peneliti melakukan sebuah penelitian untuk melihat adanya pengaruh metode
Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,
dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desainThe
Nonequivalent Posttest-Only Control Design. Penelitan dilakukan di MTs Miftahul Falaah. Sampel
pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B dengan penentuan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu RPP dan soal posttest.
Teknik analisis data menggunakan independent t-test yang sebelumnya terlebih dulu dilakukan uji
normalitas dan homogenitas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa pada
materi segitiga tanpa menggunakan metode Whole Brain Teaching kurang baik, hal ini ditunjukkan
dengan rata-rata nilai siswa sebesar 66,67 dan prosentase ketuntasan siswa sebesar 37,5%. (2) Hasil
belajar siswa pada materi segitiga dengan menggunakan metode Whole Brain Teaching baik, hal ini
ditunjukkan dengan rata-rata nilai sebesar 80,04 dan prosentase ketuntasan siswa mencapai 70,83%.(3)
Berdasarkan hasil analisi uji-t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh thitung = 3,212
sedangkan ttabel dengan = 5% dan db = 40 adalah 2,021. Karena thitung > ttabel, Maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VII
pada materi segitiga.