PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA


Author (Penulis)

FAHRONI UMAIYA ZULFITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0170

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada pembelajaran matematika kelas VII pada materi segitiga dimana tidak semua siswa mampu menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena adanya anggapan bahwa matematika merupakanmata pelajaran yang kurang diminati, menakutkan, membosankan bahkan sulit dipecahkan. Selain itu, berdasarkan pengamatan dilapangan, masih dijumpai pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, sehingga siswa kurang berperan aktif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata- rata yang diperoleh siswa kurang dari (KKM) yang ditentukan. Untuk itu perlu adanya suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Untuk itu, peneliti melakukan sebuah penelitian untuk melihat adanya pengaruh metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desainThe Nonequivalent Posttest-Only Control Design. Penelitan dilakukan di MTs Miftahul Falaah. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu RPP dan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan independent t-test yang sebelumnya terlebih dulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa pada materi segitiga tanpa menggunakan metode Whole Brain Teaching kurang baik, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa sebesar 66,67 dan prosentase ketuntasan siswa sebesar 37,5%. (2) Hasil belajar siswa pada materi segitiga dengan menggunakan metode Whole Brain Teaching baik, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai sebesar 80,04 dan prosentase ketuntasan siswa mencapai 70,83%.(3) Berdasarkan hasil analisi uji-t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh thitung = 3,212 sedangkan ttabel dengan = 5% dan db = 40 adalah 2,021. Karena thitung > ttabel, Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Whole Brain Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi segitiga.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI