EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DIBANTU MEDIA CHOCO MATH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMPN 2 PAKEL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL


Author (Penulis)

EMIRINA ROSA DIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0169

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMPN 2 Pakel adalah materi pembelajaran diberikan dalam bentuk jadi, proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru, siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif untuk mengembangkan pengetahuannya. Guru ceramah, menggurui, dan otoritas tertinggi terletak pada guru, sehingga siswa mengalami kejenuhan dengan suasana kelas yang monoton. Hal inilah yang menyebabkan siswa tidak mampu menguasai materi yang dipelajari dengan baik. Akibatnya hasil belajar matematika siswa rendah. Tujuan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran think pair share dibantu media choco math terhadap hasil belajar.(2) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran think pair share dibantu media choco math terhadap kemampuan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen ( pretest-posttes only control Design) dengan subyek penelitian siswa SMPN 2 Pakel kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini melibatkan dua kelompok. Pertama kelompok eksperimen ada 20 sampel diberi perlakuan pembelajaran think pair share dibantu media choco math, kedua kelompok kontrol ada 20 sampel tanpa pembelajaran think pair share dibantu media choco math. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran think pair share dibantu media choco math efektif terhadap hasil belajar. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan 0,038 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 76. (2) model pembelajaran think pair share dibantu media choco math efektif terhadap kemampuan komunikasi siswa. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan 0,035 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 89 dan kelas kontrol 86. Kata Kunci : choco math, hasil belajar, kemampuan komunikasi, think pair share

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI