Efektifitas model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar dan motivasi dengan menggunakan media audio visual pada materi segitiga kelas VII di SMPN 2 MUNJUNGAN tahun pelajaran 2016/2017
Author (Penulis)
TITIK TRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0168
Abstract
Efektifitas model pembelajaran teams assisted individualization terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi segitiga kelas VII di SMPN 2 Munjungan tahun ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMPN 2 Munjungan adalah materi pembelajaran diberikan dalam bentuk jadi, proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru, siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif untuk mengembangkan pengetahuannya. Guru ceramah, menggurui, dan otoritas tertinggi terletak pada guru, sehingga siswa mengalami kejenuhan dengan suasana kelas yang monoton. Hal inilah yang menyebabkan siswa tidak mampu menguasai materi yang dipelajari dengan baik. Akibatnya hasil belajar matematika siswa rendah. Tujuan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran teams assisted individualization menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar.(2) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran teams assisted individualization menggunakan media audio visual terhadap motivasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen ( pretest-posttes only control Design) dengan subyek penelitian siswa SMPN 2 Munjungan kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini melibatkan dua kelompok. Pertama kelompok eksperimen ada 25 sampel diberi perlakuan pembelajaran teams assisted individualization menggunakan media audio visual, kedua kelompok kontrol ada 22 sampel tanpa pembelajaran teams assisted individualization dan tanpa media audio visual.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran teams assisted individualization menggunakan media audio visual efektif terhadap hasil belajar. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 84,5 dan kelas kontrol 75,3. (2) model pembelajaran teams assisted individualization menggunakan media audio visual efektif terhadap motivasi siswa. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 89,90 dan kelas kontrol 86,40.
Kata Kunci : Efektifitas, Hasil Belajar, Motivasi, Teams Assisted Individualization