MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEMEN TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FITRI NIA SARINING HAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0167
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran treffinger dengan pendekatan kontruktivisme terhadap berpikir kreatif peserta didik 2)pengaruh model pembelajaran treffinger dengan pendekatan kontruktivisme terhadap meningkatkan hasil belajar peserta didik
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design, desain ini mempunyai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Subject Posttest Only Control Design, yaitu setelah dua kelompok diberikan perlakuan kemudian diberikan tes akhir pada kedua kelompok tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger dengan pendekatan kontruktivisme terhadap berpikir kreatif peserta didik kelas 2) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger dengan pendekatan kontruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik.