PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Author (Penulis)
UMI ROSYIDATUN NAFI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0164
Abstract
ABSTRAK
UMI ROSYIDATUN NAFI’AH: Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Tipe Kepribadian, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Aritmatika Sosial, Tipe Kepribadian
Penelitian ini dilator belakangi hasil peneliti melakukan observasi di MTs Negeri Puncu. Pada materi aritmatika sosial dari 1 kelas yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan dalam berkomunikasi matematis masih kesulitan. Dikarenakan mereka belum terbiasa dalam melakukan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis juga dipengaruhi faktor tipe kepribadian. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk mengetahui profil kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmatika sosial ditinjau dari tipe kepribadian.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial pada tipe kepribadian Guardian? (2) Bagaimanakah Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial pada tipe kepribadian Idealist? (3) Bagaimanakah Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial pada tipe kepribadian Artisan (4) Bagaimanakah Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial pada tipe kepribadian Rational??
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan (1) Siswa memiliki tipe kepribadian berbeda sehingga guru perlu membuat sebuah situasi agar semua siswa dapat berkomunikasi dengan baik (2) Hendaknya guru memberikan pengarahan untuk membiasakan siswa dalam mengerjakan soal cerita bentuk esai dengan runtut (diketahui, ditanya, dijawab dan kesimpulan), sehingga siswa lebih memperhatikan prosesnya daripada hasilnya (3) Memberikan motivasi kepada siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik