ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti ketika berada di SMP Islam Gurah, dimana hasil belajar siswa kelas VII pada pelajaran matematika tergolong rendah. Dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dari model pembelajaran PBL dengan pendekatan SAVI. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design, dimana hasil belajar siswa nanti akan menjadi tinjauannya. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat 13,33% siswa mendapat predikat A, 20 % siswa mendapat predikat A-, 26,66 % siswa mendapat predikat B+, 26,66 % siswa mendapat predikat B, 10% siswa mendapat predikat B, 3,33% mendapat predikat C+. Hal ini menunjukkan bahwa banyak siswa yang mendapatkan kriteria nilai ≥ 2,66 dan juga 96,67 % siswa mendapat kriteria nilai B. Selanjutnya data hasil belajar dilakukan analisis data Paired Sample T-test, dan menunjukkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 31,9000, harga thitung sebesar -14,439, dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena taraf Sig. (2-tailed) < maka H1 diterima..Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ketuntasan hasil belajar siswa berkategori B, (2) Adanya pengaruh dari penerapan model Problem based learning dengan pendekatan Somatis, auditory, visual, dan intelectual.
KATA KUNCI :Model Pembelajaran PBL, Pendekatan SAVI, Segitiga, Hasil Belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Anna S., E. Ibrahim, Suyuti, & Lukman, N. (2017). Pengaruh Model Problem, Based, Learnig Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. E Jurnal Katalogis, Vol. 5 No.4, April 2017. Hlm. 9-20.
Depdiknas. (2003).Undang-undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Isjoni. (2010). Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kusniya. & Muchyidin, A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, And Intelectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Geometri Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Fak. Tarbiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai Matematika. Jakarta: PT. Buku Kita.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanto. (2015). Karya Tulis Ilmiah, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri.