Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras


Author (Penulis)

ARDANA RESWARI MEGA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0157

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dalam matematika membuat siswa beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan banyak siswa kurang berminat terhadap matematika. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana aktivitas yang terjadi di dalam kelas selama penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa SMP dalam pokok bahasan teorema Pythagoras? (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa SMP dalam pokok bahasan teorema Pythagoras? (3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap  hasil belajar siswa SMP dalam pokok bahasan teorema Pythagoras? (4) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap  hasil belajar siswa SMP dalam pokok bahasan teorema Pythagoras? Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Pre-Experimental Design. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kedungwaru tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel peneltian kelas VII C berjumlah 38 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian lembar observasi, soal pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Analisis data menggunakan software SPSS Versi 22 for Windows 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas yang terjadi di dalam kelas selama penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa SMP diperoleh nilai akhir 3,158 dengan kategori baik (2) berdasarkan hasil uji hipotesis pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri pada uji paired samples t-test  dengan nilai –thitung sebesar -18,526 sedangkan nilai –ttabel sebesar -1,686, karena –thitung < -ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa (3) berdasarkan perolehan rata-rata perolehan pretest adalah 8,4737 dan rata-rata perolehan skor posttest adalah 20,1842, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai 3,016 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena dalam model pembelajaran inkuiri siswa dilatih untuk ikut serta dalam penemuan sebuah konsep sehingga siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran matematika dapat direkomendasikan bagi guru mata pelajaran matematika.

 

KATA KUNCI  : inkuiri, pemahaman konsep, hasil belajar, teorema pythagoras


Keyword

a

Reference

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Dewi, Ni Luh Gd. Kartika Kusuma dan Sudana, Dw. Nym. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep IPA dengan Mengontrol Minat Belajar pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (Online), 49 (1): 40-47, tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9008/5817, diunduh 04 April 2018.

Haryati, Mimin. (2007). Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Jacobsen, David A. (2009). Methods for Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Jakarta: Pustaka Belajar

Kristianingsih, Desiagi Dwi. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMPN 1 Jambu. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (Online) 1: 10-13, tersedia: http://lib.unnes.ac.id/9587, diunduh 6 April 2018.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayan. (Online), tersedia: http://bpa.uad.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/Permendiknas-no.-41-tahun-2007-STANDAR-PROSES.pdf, diunduh 30 Maret 2018.

Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, Sri. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta : Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika. (Online), tersedia: http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/PAKET%20FASILITASI/SMP/Analisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf, diunduh 30 Maret 2018.

Wati, Cening Sri. Sulastri, Md. Riastini, Pt. Nanci. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Media Permainan Tradisional Bali terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Gugus IV Saman. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksa, (Online) 1, tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/716, diunduh 6 April 2018.

Widyastuti, Nur Sri dan Pujiastuti, Pratiwi. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 2 (2): 183-193, tersedia: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2718, diunduh 22 Maret 2018.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI