PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR


Author (Penulis)

YUNITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0143

Abstract

Abstrak Yunita Sari : Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Bangun Datar, Skripsi, Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan representasi matematis pada siswa saat ini masih sangat rendah. Dalam pembelajaran matematika selama ini siswa tidak pernah atau jarang diberikan kesempatan untuk menghadirkan representasinya sendiri. Akibatnya, kemampuan representasi matematis siswa menjadi tidak berkembang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang rendah pada materi bangun datar ?, (2) Bagaimana kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang sedang pada materi bangun datar ? , (3) Bagaimana kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang tinggi pada materi bangun datar ? Sejalan dengan standar representasi menurut NCTM, beberapa representasi yang dapat digunakan dalam mengkomunikasikan matematika antara lain tabel, gambar, grafik, persamaan atau notasi matematis, serta menulis dengan bahasa sendiri, baik formal maupun informal. Mudzakir (dalam Suryana,2012) pada penelitiannya mengelompokkan representasi matematis ke dalam tiga ragam representasi yang utama, yaitu :(a) Representasi visual berupa diagram, grafik, atau tabel, dan gambar. (b) Persamaan atau ekspresi matematika. (c)Kata-kata atau teks tertulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) Profil kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang rendah pada materi bangun datar. (2) Profil kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang sedang pada materi bangun datar. (3) Profil kemampuan representasi matematis siswa kelas VII ditinjau dari kemampuan kognitif siswa yang tinggi pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian kelas VII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Papar ( SMPN 1 Papar ). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data tentang profil kemampuan representasi matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar . Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) siswa dengan kategori kemampuan kognitif rendah memiliki kemampuan representasi matematis yang rendah dari segi visual kurang mampu menyajikan data dari suatu representasi ke representasi grafik,dari segi verbal kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis ,dan dari segi simbolik kurang mampu menuliskan langkah-langkah teks tertulis. (2) siswa dengan kategori kemampuan kognitif sedang memiliki kemampuan representasi matematis yang sedang dari segi visual cukup mampu menyajikan data dari suatu representasi ke representasi grafik,dari segi verbal cukup mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis ,dan dari segi simbolik cukup mampu menuliskan langkah-langkah teks tertulis. (3) siswa dengan kemampuan kognitif tinggi memiliki kemampuan representasi matematis yang tinggi dari segi visual mampu menyajikan data dari suatu representasi ke representasi grafik,dari segi verbal mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis ,dan dari segi simbolik mampu menuliskan langkah-langkah teks tertulis. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Kemampuan kognitif setiap siswa memang berbeda, kemampuan kognitif siswa menentukan kemampuan representasi matematis siswa tersebut. Maka, sudah seharusnya sebagai guru harus dapat mendorong dan mengasah kemampuan representasi matematis siswa dengan berbagai cara sesuai kemampuan guru tersebut. (2) Guru masih perlu meneliti secara terus ? menerus untuk membuktikan apakah kemampuan representasi matematis siswa tergantung pada kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Kemampuan Kognitif siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI