PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 3 GROGOL


Author (Penulis)

ACHMAD IQDAM MUSABIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0142

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Grogol masih menekankan pada aspek pemahaman instrumental. Sehingga siswa hanya sebagai objek belajar dan guru lebih dominan berperan dalam pembelajaran dengan memberikan konsep-konsep baku. Sehingga pada pembelajaran ini hanya terjadi komunikasi satu arah. Siswa jarang diberi kesempatan untuk menemukan konsep-konsep matematika. Akibatnya. Pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran realistik terhadap pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Grogol pada materi segiempat (2) Pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Grogol setelah menerapkan model pembelajaran realistik pada materi segiempat (3) Pengaruh pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Grogol setelah menerapkan model pembelajaran relistik pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 46 siswa. 23 siswa kelas VII C dan 23 siswa kelas VII D di SMP Negeri 3 Grogol. Penelitian dilaksanakan selama 2 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, dan soal tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui Penerapan model realistik pada materi segiempat terbukti siswa memberikan tanggapan yang baik atau positif terhadap proses pembelajaran. (2) Melalui penerapan model realistik terbukti dapat meningkatkan pemahaman matematis pada kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. (3) Melalui penerapan model pembelajaran realistik terbukti memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pemahaman matematis siswa berdasarakan uji hipotesis yang diperoleh t_hitung = 6,529 > t_tabel = 1,717. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran model realistik adalah untuk membangun sendiri pemahaman konsep matematika melalui sesuatu yang diketahui oleh siswa melalui bimbingan guru. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran realistik sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI