Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Metode Socrates Pada Materi Segitiga


Author (Penulis)

WIWIK DIAH RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0137

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah ketika menyampaikan materi pada umumnya hanya bersifat sebagai penyampaian informasi, tanpa banyak melibatkan siswa untuk dapat membangun sendiri pemahamannya. Hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan materi dengan persoalan yang ada, terutama persoalan dalam bentuk soal cerita. Tujuan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP sebelum Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates pada materi Segitiga (2) Untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP setelah Pembelajaran Matematika dengan Metode Socrates pada materi Segitiga (3) Untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran dengan metode socrates pada materi Segitiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen (One Groups Pretest-Posstest Design) dengan subyek penelitian siswa SMPN 5 Kediri kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) pencapaian persentase rata-rata kemampuan koneksi matematis sebelum pemberian metode pembelajaran socrates adalah 60% dengan nilai rata-rata siswa adalah 59,22. (2) pencapaian persentase rata-rata kemampuan koneksi matematis setelah pemberian metode pembelajaran socrates adalah 90% dengan nilai rata-rata siswa adalah 90,02. (3) metode socrates dapat meningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Didasarkan pada uji hipotesis bahwa t hitung ? t tabel maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dalam pengujian diperoleh nilai t hitung 11,74497 dan t tabel 1,690924 dengan dk=(n-1) dan taraf signifikasi 5%. Selanjutnya besarnya peningkatan kemampuan koneksi matematis dihitung dengan uji gain ternormalisasi sehingga diperoleh 0,75543. Dengan perolehan gain ternormalisasi sebesar 0,75543 masuk dalam kriteria tinggi. Ini berarti peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dalam kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran dengan metode Socrates pada materi Segitiga kelas VII SMPN 5 Kediri 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI