ANALISIS KEAKTIFAN SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MODEL PAIR CHECKS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Author (Penulis)
MIA ANGGUN ROSALINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0136
Abstract
Abstrak: Analisis Keaktifan Siswa Kelas VII Smp Dharma Wanita Pare Dalam Pembelajaran Model Pair Cheks Pada Materi Aritmatika Sosial, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru sekolah terkait masih monoton. Hal ini mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa, pemahaman konsep, dan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana keaktifan siswa SMP dalam pembelajaran dengan menggunakan model pair checks pada materi aritmatika sosial? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Dharma Wanita Pare. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2017. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, Silabus, Post Test, Lembar Observasi Keaktifan Siswa. Sebagai bukti bahwa peneliti sudah melaksanakan penelitian berupa dokumentasi foto saat pembelajaran berlangsung. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui model pair checks yang bersistem kelompok berpasangan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. (2) Dari hasil Lembar Observasi Siswa yang diisi observer dari 22 siswa dalam satu kelas yang merupakan siswa kurang aktif sebanyak 6 siswa, siswa cukup aktif sebanyak 4 siswa, siswa aktif sebanyak 8 siswa, dan siswa sangat aktif sebanyak 4 siswa.