PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MEDIA BROSUR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL


Author (Penulis)

PUSPITA WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0133

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMPN 5 Kediri adalah kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, sehingga suasana kelas monoton dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Treffinger dengan media brosur berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan media brosur terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Kediri pada siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Treffinger dengan media brosur lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional t hitung > t tabel (6,3050>1,999). Hal ini terlihat dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Treffinger pada indikator kemampuan berpikir lancar (Fluency) sebesar 65%, kemampuan berpikir luwes (Flexibility) sebesar 92 %, kemampuan berpikir rinci (Elaboration) sebesar 87%, dan kemampuan berpikir orisinil (Originality) sebesar 47%. Sedangkan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada indikator kemampuan berpikir lancar (Fluency) sebesar 64%, kemampuan berpikir luwes (Flexibility) sebesar 73 %, kemampuan berpikir rinci (Elaboration) sebesar 59%, dan kemampuan berpikir orisinil (Originality) sebesar 46%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger dengan media brosur berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2017/2018. KATA KUNCI : Treffinger, Media Brosur, Aritmatika Sosial.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI