PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X DI SMA NEGERI 1 NGADILUWIH


Author (Penulis)

ANDI SOFIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0128

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa hasil belajar siswa tergolong masih rendah. Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini diakibatkan oleh metode yang dipakai guru yang masih konvensional. Metode yang hanya berpusat pada guru sebagai pemberi materi. Siswa tidak dituntut aktif sehingga siswa terbiasa untuk mengerjakan soal sesuai dengan apa yang telah dijelaskan oleh guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk mengemukakan apa yang dipikirkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Hasil belajar siswa kelas X yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Thinks pair Share; (2) Hasil belajar siswa kelas X yang menggunakan model pembelajaran Konvensional; (3) Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier tiga variabel di SMA Negeri 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kontrol dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngadiluwih sebanyak 70 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kelas yang berbeda yang satu sebagai kelas eksperimen dan yang lainnya sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa tes dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen adalah 82,31 dan rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 75,17. Prosentase ketercapaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang adalah 82%. Sedangkan prosentase ketercapaian hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 75%. Dari perhitungan dengan menggunakan teknik uji diperoleh t-hitung = 3,19 dan t-tabel = 1,98. T-hitung = 3,19 > t-tabel = 1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel maka H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pokok bahasan sistem persamaan linier tiga variabel terhadap hasil belajar siswa. KATA KUNCI : Think Pair Share,Hasil Belajar

Keyword

Think Pair Share, Hasil Belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade