EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS AKIK (ASAH ASIH ASUH, KREATIF, INTERAKTIF, KONTEKSTUAL) MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 5 KEDIRI
Author (Penulis)
ANING HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0125
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri pada materi aritmatika sosial. Selain itu, kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran oleh guru sehingga siswa hanya berperan sebagai penerima tanpa usaha untuk mencari sendiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Kooperatif TAI berbasis AKIK menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada materi Aritmatika Sosial ? (2) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa ? (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) berbasis AKIK (Asah Asih Asuh, Kreatif, Interaktif, Kontekstual) dengan motovasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quasi eksperimental design dan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan dengan penarikan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sample didapatkan kelas VII-I sebagai kelas model pembelajaran konvensional dan kelas VII-J sebagai kelas model pembelajaran kooperatif TAI berbasis AKIK.pnelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) berbasis AKIK (Asah Asih Asuh, Kreatif, Interaktif, Kontekstual) dan RPP model pembelajaran konvensional, tes prestasi belajar siswa, angket motivasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) berbasis AKIK (Asah Asih Asuh, Kreatif, Interaktif, Kontekstual) menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial. Terbukti berdasakan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel , yaitu 3,8580 > 1,66980. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Terbukti berdasakan erdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel , yaitu 52,8380 > 1,66901. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) berbasis AKIK (Asah Asih Asuh, Kreatif, Interaktif, Kontekstual) dengan motovasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial. Terbukti berdasakan uji F dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel , yaitu 11522,308 > 3,32.
Kata Kunci : TAI, AKIK, Motivasi, Prestasi Belajar, Konvensional