PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK MARDIWIYATA KEDIRI


Author (Penulis)

YOHANES KRISNA SETIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0121

Abstract

ABSTRAK

 

Salah satu kompetensi Paedagogik yang mutlak dilaksanakan guru setiap kali menyelesaikan prosespembelajarannya adalah melaksanakan pemecahan masalah pembelajaran. Pemecahan masalah pembelajaran dilakukan guna untuk menemukan kelemahan-kelemahan terhadap proses pembelajaran yang dilakukannya, sehingga untuk meningkatkan hasil belajar perlu dilaksanakan tindakan kelas. Kegiatan ini dilakukan secara mandiri oleh masing-masing guru.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Mengembangkan Minat Belajar Siswa dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Mardiwiyata Kediri pada pelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Katolik Mardiwiyata Kediri, pada kelas VIII dengan jumlah siswa 20 siswa..

Deskripsi data dari hasil penelitian adalah sebagai berikut:

Untuk penyampaian pemecahan masalah pembelajaran melalui penggunaan media komik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial pada siswa kelas VIII SMP Katolik Mardiwiyata Kediri. Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas terdapat perkembangan minat belajar siswa dari pra siklus (66,5%) meningkat  pda siklus 1 (69,25%) sedangkan peningkatan nilai setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 dibanding dengan data pra siklus yaitu diperoleh rata-rata sebesar 73,8335, pada pra siklus hanya diperoleh rata-rata 68,167, yang berarti menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 5,6665.

Pelaksanaan tindakan melalui penggunaan media komik, pada siklus II perkembangan minat anak terhdap pelajaran Matematika meningkat lagi menjadi 74,25% dan diperoleh rata-rata nilai sebesar 77.6675, sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.8335, sehingga diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 3,834.

Sesuai dengan deskripsi data di atas yang secara keseluruhan telah mencapai keberhasilan, maka sesuai dengan kriteria ketuntasan penelitian yang telah ditetapkan pada bab III jika minat siswa berkisar antara 70% s.d. 84,99%, maka dikatakan siswa memliki minat terhadap pelajaran Matematika materi Aritmatika Sosial. Jika secara rata-rata klasikal perolehan nilai telah mencapai standar minimal 75, maka penelitian dapat dinyatakan berhasil. Sehingga peneliti  menyatakan bahwa penelitian ini telah dapat dilaksanakan dengan tuntas.

 

Kata Kunci :  Media Komik, Minat dan Hasil Belajar, Aritmatika Sosial.


Keyword

MEDIA KOMIK, MINAT DAN HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmad Rohani.1997.Media Pendidikan Edukatif. Grafika.Jakarta. halaman 2

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar..Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers

Arief S. Sadiman, dkk .(2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad.2013.Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.Jakarta. Halaman 3.

Ena, Ouda Teda. 2001. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Ciurse Universiatas Sanata Dharma.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

 

 

McNiff, Lomax dan Whitehead. 2003.

                          http://www.infoskripsi.com/Theory/Penelitian-Tindakan-Kelas.html.

 

Mills, G. E. (2000). Action Research: a guide for teacher researcher.London:Printice-Hall International (UK) Limited.

 

National Education Association .1969. Audiovisual Instruction Department, New Media and College Teaching. Washington, D.C. : NEA.

 

Schramm, W. 1977. Big Media Litle Media. London : Sage Public-Baverly Hills

                                                                                                     

Sudjana, N., dan Ahmad R. (2007). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.Algensindo.

 

Suparno, Paul, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

 

Sutama, 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar di SLTP N 18 Surakarta. Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UNY. (tidak diterbitkan).

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Visualisasi

 

https://www.ekaikhsanudin.net/2012/05/pengertian-ptk-penelitian-tindakan kelas.html#ixzz5b2Qrjh4xhttp://duniakampus7.blogspot.com/2017/10/pengertian-belajar-dan-prestasi-belajar.html


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade