Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Metode Pemberian Tugas Berbasis Media Elektronik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa


Author (Penulis)

AJI FATTHURROHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0119

Abstract

ABSTRAK

Aji Fatthurrohman: Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Metode Pemberian Tugas Berbasis Media Elektronik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2018

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran matematika pada materi geometri ruang, siswa cenderung hanya terpaku pada penjelasan guru, kurangnya kemampuan siswa menyerap konsep serta menyelesikan permasalahan yang berkaitan dengan geometri. Hal tersebut muncul pada aktifitas siswa cenderung pasif, yang pada akhirnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Disisi lain penggunaan media elektronik bisa jadi solusi dalam permasalahan ini, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian efektifitas pembelajaran CTL dan menggunakan media elektronik.

Pertanyaan penelitian ini adalah Apakah efektif penggunaan model pembelajaran CTL dengan metode pemberian tugas berbasis media elektronik pada pembelajaran materi geometri ruang terhadap hasil belajar siswa ? dengan tujuan mendapatkan deskripsi dari apa yang didapat siswa pada saat pembelajaran berlangsung maupun sudah selesai.

Penelitian kualitatif ini mengambil subjek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwoasri. Penelitian ini menggunakan variabel berupa pembelajaran CTL, aktifitas siswa, aktifitas guru, respon siswa, hasil belajar dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, angket respon siswa, tes hasil belajar siswa.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran CTL efektif digunakan dalam pembelajaran materi geometri ruang di kelas X tingkat SMA. Hal tersebut dideskripsikan oleh hasil belajar siswa dalam materi geometri ruang menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis media elektronik mendapat skor rata-rata lebih atau sama dengan nilai KKM. Hal tersebut dibuktikan pada hasil postes bahwa ketuntasan secara klasikal sebesar 86,67% didapat dari kelas yang berjumlah 30 siswa. Aktifitas guru pada saat pembelajaran pada penelitian ini masih belum maksimal namun pada aktifitas siswa berdasarkan hasil analisis sudah dapat dikatakan baik. Respon siswa secara keseluruhan dapat disimpulkan respon positif.

KATA KUNCI  : efektivitas, contextual teaching and learning, tugas, hasil belajar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Cangara, Hafied. 2002. Komunikasi Politik: Konsep Teori & Strategi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kemendikbud, 2010 Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Nana  Sudjana, 2012. Penilaian  Hasil  Proses  Belajar  Mengajar,  Bandung:  PT  Remaja Rosdakarya.

Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001

Sanjaya, Wina. (2005). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Surakarta : Aksarra Sinergi Media.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI