Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Ma\'Murotul Husna Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
DWI SULISTYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0117
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap motivasi siswa pada materi himpunan (2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap keaktifan siswa pada materi himpunan (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan teknik Eksperimen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII A dan B MTs Ma’Murotul Husna. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, angket, lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes analisis data, yang digunakan adalah rumus uji t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui Sig. (2-tailed) 0,004<0,025, maka signifikan. Artinya, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap motivasi siswa pada materi himpunan (2) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui Sig. (2-tailed) 0,003<0,025, maka signifikan. Artinya, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap keaktifan siswa pada materi himpunan (3) Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui Sig. (2-tailed) 0,002<0,025, maka signifikan. Artinya, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan
KATA KUNCI : Diskursus Multy Reprecentacy (DMR), Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar.