PROFIL KEMAMPUAN BERFIKIR PROBABILISTIK MENGGUNAKAN SU DOKU


Author (Penulis)

CHURIN AINUN NISVA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0110

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena Pemikiran siswa dalam menjawab suatu permasalahan probabilistik, mempunyai tingkatan berpikir yang berbeda-beda. Pengetahuan siswa tentang permasalahan tersebut merupakan suatu pengetahuan informal yaitu pengetahuan yang dibangun sesuai dengan kehidupan sehari-hari dari siswa tersebut, sehingga penelitian ini di lakukan untuk mengetahui Profil Kemampuan Berfikir Probabilistik Menggunakan Su Doku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu, dengan cara menafsirkan data yang ada dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang mengetahui Profil Kemampuan Berfikir Probabilistik Menggunakan Su Doku Pada Materi Peluang dengan tahapan-rahapan analisis gambaran, penyajian laporan dari naskah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini di ambil secara purposive sampling setelah melakukan tes pada kelas XI N-B sebanyak 28 siswa yang akan diambil 8 sampel berdasarkan indikator probabilistik. Instrumen yang dipersiapkan dalam penelitian ini berupa soal tes berupa permainan Su Doku. Berdasarkan analisis dari lembar jawaban dan wawancara hasil tes berfikir probabilistik siswa menggunakan Su Doku serta triangulasi data diperoleh kesimpulan bahwa seluruh siswa pada kelas tersebut dapat memenuhi 4 level Probabilistik dengan karkteristik yang berbeda-beda dalam setiap Levelnya.Karakter yang menonjol pada level 1 cenderung mengutamakan pendapat subjek tanpa alasan yang jelas, Pada level 2 mampu membandingkan peluang namun masih belum begitu konsisten, Level 3 subjek mampu memahami kejadian pasti, tidak mungkin dan besar peluang yang muncul, Level 4 subjek mampu memahami kejadian pasti, tidak mungkin dan besar peluang yang muncul dan dapat memahami ketrkaitan jawaban terhadap jawaban yang lain. Maka berdasar hasil diskripsi dan analisis Profil Kemampuan Berfikir Probabilistik Menggunakan permainan Su Doku sehingga Guru harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap metode belajar sisiwa. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mendesain metode pembelajaran yang memudahkan siswa memahami materi dengan tingkatan berfikir yang berbeda beda , serta memberikan bimbingan kusus bagi siswa yang memiliki tingkat berfikir di level 1. . Kata Kunci: Berfikir Probabilistik, dan Su Doku

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI