MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGRONGGOT
Author (Penulis)
SEPTRIANA NURHAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0099
Abstract
Kreativitas berpikir siswa menjadi sangat penting untuk dibangun pada proses pembelajaran matematika agar siswa mampu mengembangkan semua potensinya menjadi apa yang dia inginkan. Kenyataan yang ada di lapangan, dalam pembelajaran matematika masih sering didominasi oleh guru yang menerapkan metode ceramah dan kurang memfasilitasi pembelajaran siswa aktif yang mengakibatkan rendahnya kreativitas siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model project based learning lebih baik daripada keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional?
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Ngronggot pada kelas VII dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik quasi experimental design menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Instrumen pada penelitian ini adalah tes keterampilan berpikir kreatif siswa yang berupa soal uraian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, keterampilan berpikir kreatif yang diajarkan dengan menggunakan model project based learning lebih baik daripada keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional.
KATA KUNCI : Model Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Statistika.