ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT


Author (Penulis)

DWI SETYONINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0097

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena fakta dalam pembelajaran matematika di sekolah masih belum mampu mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar segiempat ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent pada kelas VII di SMP Negeri 1 Ngronggot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu, dengan cara menafsirkan data yang ada dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar segiempat ditinjau dari gaya kognitif siswa dengan tahapan-rahapan analisis gambaran, penyajian laporan dari naskah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini di ambil secara purposive sampling setelah melakukan tes GEFT pada kelas VII-A sebanyak 32 siswa yang akan diambil 4 sampel berdasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent. Instrumen yang dipersiapkan dalam penelitian ini berupa soal tes GEFT dan soal tes representasi matematis. Berdasarkan analisis dari lembar jawaban tes representasi siswa dan triangulasi data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent melakukan representasi matematis secara visualalisasi siswa tidak selalu mampu membuat gambar dan simbol suatu permasalahan dan secara ekpresi matematis siswa dapat membuat model matematis dan dapat melakukan perhitungan sesuai dengan yang sudah diajarkan guru dengan tepat atau selalu berpikir secara eglobal tanpa melakukan penemuan yang baru serta secara ekspresi tertulis siswa kurang mampu membuat solusi penyelesian dengan kata-kata tertulis yang logis dan sistematis. 2) Siswa yang memiliki gaya kognitif field independent melakukan representasi matematis dalam menyelesaikan masalah dengan tahapan secara visualisasi dapat memahami masalah dan mengubahnya dalam bentuk gambar dan simbol sesuai dengan permaslahn yang di pahami dan secara ekspresi matematis siswa dapat membuat rencana penyelesaian dengan model matematis dan dapat melakukan perhitungan dengan cara sendiri sesuai dengan pengalamannya yang dianggap cepat srata secara ekspresi tertulis siswa mampu menyatakan solusi pernyelesaian secara kata-kata tertulis dengan sistematis dan logis. Maka berdasarkan hasil deskripsi dan hasil analisis tesrepresentasi matematis siswa bahwa gaya kognitif mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Sehingga guru harus mampu memberikan model pembelajaran yang mendukung kemampuan seluruh siswa. KATA KUNCI : Representasi Matematis, Gaya Kognitif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI