PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII DI SMPN 1 NGANJUK


Author (Penulis)

RESSA DESY ULFIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0086

Abstract

RESSA DESY ULFIA: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Kelas VII SMPN 1 Nganjuk, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari pemahaman konsep siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajar pun juga rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti ingin memberikan alternatif pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih model yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap aktivitas belajar pada materi segiempat pada siswa kelas VII SMPN 1 Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi segiempat pada siswa kelas VII SMPN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII-8 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol di SMPN 1 Nganjuk. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap aktivitas belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76% sedangkan kelas kontrol nilai rata ratanya 52% (2) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep siswa yang dapat diketahui dari analisis uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 2,675 > 2,039513 artinya ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep Matematika

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI