PROFIL KEGAGALAN KONSTRUKSI SIMBOLIK SISWA KELAS VII PADA GENERALISASI POLA MELALUI TAKSONOMI SOLO


Author (Penulis)

NUR KHIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0085

Abstract

Nur Khikmah : Profil Kegagalan konstruksi simbolik siswa kelas VII paada Generalisasi Pola melalui Taksonomi Solo, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa SMP kelas VII yang belum menguasai materi pola bilangan.Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengubah pola geometris ke dalam bentuk simbolik.Hal itu bisa dilihat dari ketika siswa diberi soal untuk menentukan rumus pola ke-n ternyata masih banyak siswa yang mengalami kegagalan dalam mengkonstruksi simbolik pada generalisasi pola. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil kegagalan konstruksi simbolik siswa kelas VII pada generalisasi pola melalui Taksonomi SOLO pada level Relational? (2) Bagaimana profil kegagalan konstruksi simbolik siswa kelas VII pada generalisasi pola melalui Taksonomi SOLO pada level Extended Abstract ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan penyebab kegagalan konstruksi simbolik siswa pada generalisasi pola melalui Taksonomi SOLO.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara serta menggunakan triangulasi sebagai pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil tes dan wawancara siswa dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami kegagalan pada level Relational adalah siswa tidak mampu menentukan rumus pola ke- n secara simbolik dengan letak kesalahan subjek tidak menuliskan jawaban akhir dan penyebab kesalahan terdapat pada kesalahan konsep ( siswa tidak bisa menghubungkan apa yang diketahui dari pola) serta kesalahan operasi ( subjek salah dalam menghitung banyak ubin pada pola yang diketahui). Sedangkan siswa yang mengalami kegagalan pada level Extended Abstract adalah siswa yang tidak bisa mengaitkan rumus yang telah didapatkan sebelumnya untuk menentukan rumus umum yang baru.Penyebab kesalahan siswa yaitu kurangnya nalar yang logis dalam menentukan ubin hitam yang berbentuk persegi panjang pada pola ke- n. Serta kegagalan ini juga disebabkan karena siswa tidak mengetahui bagaimana cara menyatakan pola ke-n dalam bentuk simbolik dan kurangnya ketelitian dalam mengerjakan soal test. KATA KUNCI :Kegagalan, konstruksi simbolik, Generalisasi, Taksonomi SOLO

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI