PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 1 MOJO TAHUN 2017


Author (Penulis)

MOHAMMAD TAJUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0081

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Mojo masih menekankan pada penyampaian guru. Sehingga siswa hanya memperoleh informasi dari penyampaian guru dan guru lebih dominan berperan dalam pembelajaran. Sehingga pada pembelajaran ini hanya terjadi komunikasi satu arah. Akibatnya. Mempengaruhi kemampuan pemecahan dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Ada pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi. (2) Ada pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 74 siswa yang dibagi menjadi kelas perlakuan ada 35 siswa dan kelas tanpa perlakuan 39 siswa pada kelas VIII-H menjadi kelas perlakuan dan kelas VIII-I menjadi kelas tanpa perlakuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar kerja siswa, dan soal tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan pada uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti, hasil yang di peroleh pada uji t adalah nilai t hitung 13.171 sedangkan t tabel 1.993 . Karena t hitung sig (2-tailed) > t tabel taraf signifikan (?) = 0,05. maka dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi.(2) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar masalah siswa. Berdasarkan pada uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti, hasil yang di peroleh pada grup statistics rata-rata perolehan nilai post test kelas tanpa perlakuan adalah 49.36 dan nilai kelas perlakuan adalah 94.64. maka dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar pada materi relasi dan fungsi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran model Think Pair Share adalah untuk mengembangkan informasi yang dimiliki, dengan informasi yang didapat. (2) Guru masih perlu meneliti, untuk membuktikan apakah model pembelajaran Think Pair Share sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif think pair share, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar, relasi dan fungsi

Keyword

PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE, PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade