PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP


Author (Penulis)

TITIK RAHAYU PURWANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0075

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih didominasi pada peran guru.Akibatnya siswa cenderung bosan dan berharap pelajaran matematika segera selesai, selain itu suasana kelas juga monoton, pasif dan membosankan.Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkanmodel pembelajaranAIR dengan pendekatan RME (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkanmodel pembelajaranAIR dengan pendekatan RME (3) mengetahuipengaruh model pembelajaranAIR dengan pendekatan RME terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas VIII-A berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-B berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen di SMPN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, LKS, soal tes berupa pretest dan posttest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum pembelajaran memiliki kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil rata kelas eksperimen sebesar 68,30 dan kelas kontrol sebesar 66,10 (2) rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita model pembelajaran pada kelas eksperimen dan sesudah pembelajaran memiliki kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol memiliki kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,83 dan kelas kontrol sebesar 74,67 (3) dari hasil uji hipotesis, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME dibanding model pembelajaran langsung, hal itu dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 6,43 > 4,01 yang artinya ada pengaruh model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk dalam menyelesaikan soal cerita.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI