Profil Berpikir Aljabar Kelas VIII Melalui Visualisasi Geometri pada Materi Faktorisasi
Author (Penulis)
VITA BAYU OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0073
Abstract
Vita Bayu Oktaviana : Profil Berfikir Aljabar Kelas VIII Melalui Visualisasi Geometri Pada Materi Faktorisasi, skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa SMP kelas VIII yang belum menguasai materi faktorisasi aljabar.Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan berpikir aljabar dalam menyelesaikan soal faktorisasi kedalam bentuk gambar. Hal itu bisa dilihat dari ketika siswa diberi soal untuk menentukan persamaan mengubah kedalam gambar geometri.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil berfikir aljabar kelas VIII melalui visualisasi geometri. Pada materi faktorisasi Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bagaimana profil berfikir aljabar kelas VIII melalui visualisasi geometri pada materi faktorisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-F SMPN 2 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberi soal tes dan wawancara
Berdasarkan hasil tes dan wawancara terlihat pada penelitian ini semua subjek mampu memenuhi indikator aljabar sebagai matematika, indikator kemampuan respresentasi subjek RKW (P), WFB (P) , ASN (P), NBL (P) ,NBH (P) subjek, yang mampu membuat hubungan antar berbagai dari soal tes yang diberikan mengubah gambar kedalam simbol secara benar, indikator kemampuan pemecahan masalah hanya semua subjek mampu memenuhi menyelesaikan simbo kedalam bentuk gambar, indikator kemampuan Quantitive Reasoning hanya RKW (P)subjek yang mampu memenuhi semua indikator mengubah simbol kedalam gambar secar benar kemudian indikator Aljabar sebabagai Alat untuk Fungsi dan Pemodelan Matematika hanya subjek RKW(P) WFB (P) ASN (P), NBH (P) yang mampu memenuhi menyelesaikan simbol atau gambar kedalam faktorisasi secara baik dan benar. disimpulkan bahwa banyak siswa yang belum mampu memenuhi indikator Quantitive Reasoning yaitu menyelesaikan soal dari simbol yang diketahui Siswa belum mampu menjawab dengan benar dari bentuk soal yang mengubah mengubah simbol ke dalam gambar sesuai alasan yang tepat.
KATA KUNCI:Berpikir aljabar, visualisasi geometri, faktorisasi