ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMPN 3 KEDIRI MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI DOMINASI OTAK TAHUN 2017


Author (Penulis)

HESTI NOVITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pemahaman siswa dalam materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari dominan otak kanan , (2) mendiskripsikan pemahaman siswa dalam materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari dominan otak kiri . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dominasi otak , tes pemahaman dan wawancara. Triangulasi pada penelitian ini menggukan triangulasi teknik. Penelitian ini menggukan 2 subjek yang terdiri dari 1 subjek siswa yang dominan otak kanan dan 1 siswa dominan otak kiri. Pemilihan subjek ini menggunakan angket dominasi otak, dan dipilih prosentase tertinggi dari masing-masing dominasi otak. Selain itu pemilihan subjek ini dikonsultasikan kepada guru mata pelajaran sehingga terpilihlah 1 siswa dominan otak kanan yaitu subjek SR dan 1 siswa dominan otak kiri yaitu subjek SL. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : (1) siswa otak kanan memenuhi semua indikator pemahaman dengan pola pikir yang acak, global, visual, dan kurang teliti , (2) siswa otak kiri memenuhi semua indikator pemahaman dengan pola pikir yang runtut, analitik, linier, dengan rumus-rumus, dan lebih teliti.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI