PROFIL KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP PERMUTASI DAN KOMBINASI
Author (Penulis)
IRMA NUR SEVYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0069
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa SMA Kelas XI yang belum memahami materi permutasi dan kombinasi. kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membedakan soal permutasi dengan kombinasi. Hal itu bisa dilihat dari ketika siswa diberi soal untuk mengerjakan soal permutasi atau kombinasi.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil kesalahan siswa kelas XI dalam mengkonstruksi konsep permutasi dan kombinasi?. Pada materi permutasi dan kombinasi sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana profil kesalahan siswa kelas XI dalam mengkonstruksi konsep permutasi dan kombinasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif karena untuk mendeskripsikan Bagaimana profil kesalahan siswa kelas XI dalam mengkonstruksi konsep permutasi dan kombinasi. metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara serta menggunakan sebagai pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan hasil tes dan wawancara siswa dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami kesalahan dalam mengkonstruksi konsep siswa dikarenakan (1) siswa tidak mamahami soal, karena belum bisa menetukan n atau r dengan benar. (2) siswa menggunakan rumus yang salah, karena menganggap soalnya hampir mirip dengan soal lain sehingga masih bingung membedakan antara soal permutasi dengan kombinasi. (3) siswa tidak menuliskan rumus permutasi atau kombinasi karena sudah terbiasa menuliskan rumusnya ketika mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan rumus.