PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL


Author (Penulis)

YUNITA IKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0064

Abstract

Abstrak Yunita Ikasari: Profil Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Pendekatan Kontekstual Kelas VII SMPN 2 Papar, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segiempat, Pendekatan Kontekstual Beberapa permasalahan yang diidentifikasi dari peneliti: (1) hasil uji coba soal diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika setiap siswa masih kurang terutama pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. (2) Pendidik belum mengetahui profil pemahaman konsep siswanya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat melalui pendekatan kontekstual? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII-C SMPN 2 Papar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen-instrumen antara lain Lembar Soal serta Pedoman Wawancara guna mengetahui pemahaman konsep pada materi bangun datar segiempat melalui pendekatan kontekstual. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) profil pemahaman konsep siswa kelas VII-C SMPN 2 Papar pada materi bangun datar segiempat melalui pendekatan kontekstual berkriteria “Baik”. Sebagian besar siswa dapat memberikan contoh dan bukan contoh bangun datar segiempat. Selain itu siswa juga dapat mengklasifikasikan objek-objek bangun segiempat dan menyatakan ulang konsep bangun segiempat. Untuk menerapkan konsep algoritma pada materi bangun datar segiempat siswa masih banyak yang kebingungan karena disebabkan banyaknya rumus yang harus dihafal. Sedangkan untuk mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal siswa masih ada sebagian yang belum jelas karena belum memahami konsepnya. Untuk menyajikan ke dalam bentuk gambar sebenarnya semua siswa dapat melakukan karena keterbatasan alat para siswa menyajikan gambar hanya sebagai ilustrasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI