KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN MATERI ARITMATIKA SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
NIKEN INDRASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.05.0058
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik dengan model kooperatif berbantu video pembelajaran materi aritmatika sosial dan untuk mengetahui ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa ditijau dari gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik dengan model kooperatif berbantu video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan kuantitatif diskriptif dengan jenis penelitian ekperimen posttest only control design. Intrumen pengumpulan data yaitu angket dan tes. Dari analisis data diketahui terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya belajar auditorial, visual, dan kinesteik dengan model kooperatif berbantu video pembelajaran materi aritmatika sosial. Siswa dengan gaya belajar visual memperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 80,83, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 71,60, dan untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebesar 61,83.