Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran SMP kelas VIII


Author (Penulis)

RIA ANGGRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0054

Abstract

Abstrak Ria Anggriani : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran SMP kelas VIII, Skripsi, Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2013.s Latar Belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 2 Kediri kelas VIII yang dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pembelajaran model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran, (2) Untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pembelajaran model PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi belajar siswa pada materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data dalam peneliti ini adalah (1) metode angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa (2) tes sebelum dan sesudah pembelajaran (pree-test dan post-test) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika khususnya dalam materi lingkaran. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji anova dua jalan. Subjek penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri yang berjumlahkan masing-masing 20 siswa. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar angket motivasi, tes pree-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan rata-rata skor skala motivasi belajar kelompok eksperimen yaitu 82,1, sedangkan rata-rata kelas kontrol yaitu 73,6. Selain itu dilihat dari hasil tes pemecahan masalah matematika menggunakan uji anova dua jalan diperoleh Harga F hitung lebih kecil dari F tabel (0,000118 < 1,472 < 3.996 ). Dengan demikian H? diterima dan H? ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa siswa SMP kelas VIII pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil peneliti ini, maka saran yang dapat peneliti diberikan adalah sebaiknya Sebaiknya guru menyampaikan pembelajaran materi lingkaran dengan menggunakan model PBL, karena model PBL terbukti dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, motivasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI