PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 NGADILUWIH PADA MATERI LAYANG-LAYANG


Author (Penulis)

IKA PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0053

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan oleh peneliti di SMPN 2 Ngadiluwih diperoleh bahwa pembelajaran matematika pada materi layang-layang di kelas menggunakan metode ceramah. Akibatnya pembelajaran matematika membosankan, pasif dan banyak siswa merasa kesulitan dalam menguasai materi sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) bagaimana hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih yang menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor mathematics) pada materi layang-layang. (2) bagaimana hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih tanpa menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor mathematics) pada materi layang-layang. (3) adakah pengaruh metode pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih pada materi layang-layang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan rancangan the nonequivalent postest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen berupa RPP, LKS, Media Manipulatif dan Tes Hasil Belajar Siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk dua sampel independen dengan taraf signifikan 5%. Hasil dari norma keputusan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan rata-rata kelas kontrol 49,50 dan rata-rata kelas eksperimen 76,11. Artinya metode pembelajaran matematika di luar kelas (outdoor mathematics) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih pada materi layang-layang. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan agar metode pembelajaran matematika diluar kelas (outdoor mathematics) dapat dipertimbangkan untuk dijadikan alternatif sebagai variasi dalam proses belajar mengajar. KATA KUNCI : Matematika di Luar Kelas (Outdoor Mathematics), hasil belajar, layang-layang

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI