PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR (SEGI EMPAT)


Author (Penulis)

RISKI ISNAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.05.0051

Abstract

Riski Isnaini: Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar “Segi Empat” pada kelas VII SMP N 2 Papar Tahun 2016/1017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni, 2017 Kata Kunci: Model Pembelajaran Pencapaian Konsep, Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Pemahaman Matematis, Bangun Datar “ Segi Empat”, Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa guru lebih sering mengajar dengan menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran hanya berjalan satu arah. Pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa menjadi pasif. Keadaan itu tidak memberi pengalaman pada siswa sehingga pembelajaran kurang bermakna serta kemampuan pemahaman matematis siswa menjadi rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar “segi empat” sebelum diterapakan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan RME (realistic mathematics education)? (2) Bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar “segi empat” sesudah diterapakan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan RME (realistic mathematics education)? (3) Apakah penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan RME (realistic mathematics education) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar “segi empat”? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif. Jenis penelitian yang digunakan pretest - posttest control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman matematis. Sampel penelitian, siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% dan derajad kebebasan (df) 70 nilai t hitung sebesar 4,45, nilai t tabel sebesar 1,99. Karena 4,45 > 1,99 terima H_(1 )tolak H_0yang berarti Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan RME (realistic mathematics education) pada materi bangun datar “segi empat” lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model konvensional.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI